Pages

Selasa, 25 Januari 2011

Bangun Pagi

         Manfaat Bangun Pagi

         Bagi kita yang hidup di jaman modern ini, rasanya bangun pagi adalah sesuatu yang cukup berat. Setelah seharian bekerja atau mengurus keluarga, seringkali kita tidur setelah larut malam.
Entah karena memang banyak kesibukan, atau mungkin sekedar menghabiskan waktu dengan menonton TV atau hang-out bersama teman-teman kantor. Sehingga, dengan alasan tidur larut malam, maka kita bangun kesiangan di pagi harinya, jam 6 atau bahkan jam 7 atau 8.
Padahal, jika kita tahu manfaat bangun pagi, pasti kita berusaha untuk bangun pagi setiap harinya. Yang dimaksud bangun pagi disini adalah sekitar jam 3 sampai jam 5 pagi, atau ada yang menghitungnya sebagai sepertiga malam terakhir.
Berikut manfaat bangun pagi untuk kesehatan kita:

1. Udara yang Masih Bersih dan Segar
Pada waktu shubuh, belum ada polusi udara dari asap kendaraan maupun pabrik, sehingga lebih bersih dan segar.

2. Udara Pagi Hari Mengandung Banyak Oksigen
Menurut para ahli, sepertiga malam terakhir, kandungan oksigen di udara jauh lebih banyak dari siang hari. Suplai oksigen yang melimpah dapat membuat otak bekerja lebih baik

3. Udara Pagi Mengandung Banyak Gas Ozon
Kandungan gas ozon baik untuk kesehatan paru-paru, memperlancar peredaran darah, meningkatkan kekebalan tubuh, menyembuhkan diabetes, asma, penyakit jantung, serta merangsang urat syaraf bekerja dengan baik.

4. Sehatnya Cahaya Matahari Pagi
Cahaya matahari pagi yang hangat sangat penting untuk tubuh, kaya vitamin D yang baik untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang, mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang. Selain itu, matahari pagi juga baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

5. Kerja Otak Akan Lebih Maksimal
Di pagi hari, otak memproduksi hormon yang membuat daya ingat lebih tajam dan memperbaiki kuantitas, kualitas dan daya guna sel-sel otak sehingga otak bisa bekerja lebih optimal.

6. Menghilangkan Stres
Ingin terhindar dari stress? Bangun pagi adalah cara yang paling tepat. Segarnya udara pagi, hangatnya matahari dan suasana yang masih cukup tenang membuat mood lebih baik. Sehingga kita bisa bebas stres dan lebih semangat menghadapi tantangan hari ini.


Mulai sekarang mari kita bangun pagi !

0 komentar:

Posting Komentar