Pages

Minggu, 15 Mei 2011

Mata

   Mata adalah anugrah yang Indah yang telah diberikan Tuhan kepada kita, dengan mata kita dapat melihat indahnya dunia ini. Namun terkadang kita sering meremehkan kesehatan mata, padahal mata termasuk indra yang sensitif yang mudah terkena gangguan. Jika gangguan tersebut tidak segera diobati maka akan berakibat fatal bagi mata kita. Kita harus menjaga mata kita dengan sebaik-baiknya agar kita dapat terus melihat indahnya dunia ini.
Berikut adalah beberapa penyebab yang dapat membuat mata kita menjadi mengalami gangguan
1Bahan bahan iritan dan korosif.
2. Kilatan cahaya yang terlalu terang.
3. Radiasi ultraviolet dari pekerjaan yang berhubungan dengan listrik.
4. Ranting ranting pohon.
5. Debu dan kotoran.
6. Partikel partikel kecil dari kegiatan pemotongan besi, gergaji, penggalian dan aktifitas lainnya.
7. Serpihan fiber dari fiberglass.



    Jaga mata kita dari hal-hal tersebut agar mata kita selalu sehat.
Tapi biasanya kita tidak dapat menghindari gangguan mata yang terjadi pada mata, Banyak sekarang ini orang-orang yang menderita KATARAK.
     Katarak ini adalah sejenis kerusakan mata yang menyebabkan lensa mata berselaput dan rabun. Lensa mata menjadi keruh dan cahaya tidak dapat menembusinya, bervariasi sesuai tingkatannya dari sedikit sampai keburaman total dan menghalangi jalan cahaya.
      Katarak dibebabkan kontak dalam waktu lama dengan cahaya ultra violetradiasi, efek sekunder dari penyakit sepertidiabetes dan hipertensi, usia lanjut, atau trauma(dapat terjadi lebih awal), mereka biasanya akibat denaturasi dari lensa protein. faktor-faktor genetik sering menjadi penyebab katarak kongenital dan sejarah keluarga yang positif juga mungkin berperan dalam predisposisi seseorang untuk katarak pada usia lebih dini, fenomena "antisipasi" dalam katarak pra-senilis.

Katarak juga dapat diakibatkan oleh cedera pada mata atau trauma fisik. Sebuah studi menunjukan katarak berkembang di antara pilot-pilot pesawat komersial tiga kali lebih besar dari pada orang-orang dengan pekerjaan selain pilot. Hal ini diduga disebabkan oleh radiasi berlebihan yang berasal dari luar angkasa. Katarak juga biasanya sering terjadi pada orang yang terkena radiasi inframerah, seperti para tukang (meniup)kaca yang menderita "sindrom Pengelupasan". Eksposur terhadap radiasi gelombang mikro juga dapat menyebabkan katarak. Kondisi atopik atau alergi yang juga dikenal untuk mempercepat perkembangan katarak, terutama pada anak-anak.
Katarak dapat terjadi hanya sebagian atau penuh seluruhnya, stasioner atau progresif, keras atau lembut.
Beberapa obat dapat menginduksi perkembangan katarak, seperti kortikosteron dan Seroquel.
      Obat - obat katarak berupa obat tetes mata, vitamin atau anti oksidan hanya menghambat proses bertambah matangnya katarak, tetapi tidak dapat mengurangi atau menghilangkan katarak. Opersi katarak dilakukan jika penglihatan sudah mengganggu pasien, tidak harus menunggu sampai katarak matang. Katarak tidak dapat diatasi dengan laser, akan tetapi harus dengan pembedahan untuk mengeluarkan lensa yang keruh tersebut, kemudian diganti dengan lensa tanam buatan. Operasi katarak dapat dilakukan dengan mikroskop dan mesin FAKOEMULSIFIKASI atau juga bisa dengan membeli produk kesehatan mata, yang memafaatkan getran ultr asonik untuk menghancurkan katarak. Tindakan laser dapat digunakan setelah operasi katarak, apabila kapsul lensa mengalami kekeruhan.

    Jadi jaga mata kita baik-baik agar kita bisa selalu melihat indahnya dunia ini.
Semoga bermanfaat untuk kita semua, terimakasih

0 komentar:

Posting Komentar